Menu

Arsenal 2-0 Bayern Munich

Giroud 77 ‘
Özil 90 ‘

Arsenal menghidupkan kembali harapan mereka untuk bersaing di Liga Champions dalam pertandingan yang mendebarkan dengan kemenangan penting atas Bayern Munich di Stadion Emirates.

Harapan The Gunners untuk mencapai fase knock out berada dalam bahaya yang serius setelah mereka mengalami kekalahan dalam dua pertandingan tandang pertama mereka pergi atas Dinamo Zagreb dan di kandang sendiri melawan Olympiakos. Tim asuhan Arsene Wenger membalas ketiga kekalahan tersebut dengan mengalahkan Pep Guardiola dan Bayern – favorit juara Grup F – dan menghapus hasil pertandingan mereka sebelumnya yang suram.

Bayern mendominasi penguasaan bola, tetapi Arsenal berhasil meraih kemenangan yang membuat harapan mereka hidup kembali ketika pemain pengganti Olivier Giroud mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke 77 setelah kiper Manuel Neuer membuat kesalahan langka dan gagal mengantisipasi tendangan bebas dari Santi Cazorla. Kemenangan itu diamankan di detik-detik terakhir ketika Mesut Ozil mencetak gol setelah mendapat umpan dari Héctor Bellerín, Neuer menggali bola keluar dari gawangnya, namun pejabat pertandingan menilai bola itu sudah melewati batas garis gawang.

Arsenal berhutang jasa kepada kiper Petr Cech, yang kembali tampil setelah kesalahan kiper pengganti David Ospina dalam kekalahan atas Olympiakos, melakukan penyelamatan luar biasa dan mengagalkan upaya dari Thiago Alcantara dan Arturo Vidal untuk mencetak gol. Neuer juga tampil prima sebelum membuat kesalahan yang berakhir dengan kebobolan gol, terutama dengan peyelamatan sensasional dari sundulan Theo Walcott di babak pertama.

Wajah-Wajah Yang Berbeda Dari Manuel Neuer

Neuer secara luas dianggap sebagai yang terbaik di dunia – tapi itu adalah malam yang dipenuhi dengan berbagai macam perasaan untuk kiper pemenang Piala Dunia bersama tim nasional Jerman tersebut.
Ia membuat penyelamatan hebat yang hanya dapat dilakukan oleh kiper-kiper hebat ketika mencakar keluar sundulan jarak dekat Walcott ketika gol tampak hampir pasti terjadi.

Bisakah sundulan Walcott diarahkan dengan lebih baik? Apakah dia memberikan Neuer sedikit kesempatan yang diperlukan untuk membuat penyelamatan yang akan selalu digagalkan oleh kiper-kiper terbaik dunia? Ya, tapi itu tetap masih merupakan sebuah puncak dari refleks, kelincahan dan teknik dan Neuer membuat Walcott serta Aaron Ramsey, yang sudah berbalik untuk merayakan kemenangan, tercengang.

Namun Neuer membuktikan bahwa dia juga bisa membuat kesalahan ketika Arsenal memimpin, berusaha mengejar bola dari gawangnya sendiri dan melayang dengan putus asa dalam usahanya untuk menghalau tendangan bebas Cazorla yang memungkinkan Giroud mencetak gol dengan sedikit handball.
Hal ini terjadi bahkan pada yang terbaik – dan mungkin saja menyelamatkan peluang Arsenal untuk lolos ke Liga Champions.