Menu

Wayne Rooney Dianugerahi Testimonial Tahun 2016

Wayne Rooney telah diberikan testimonial oleh Manchester United, dan kapten tim nasional Inggris itu menjanjikan untuk menyumbangkan semua hasil pertandingan untuk amal.

Testimonial itu diberikan setelah para fans menulis surat kepada klub yang meminta mereka untuk mengakui kontribusi Rooney. Penghargaan ini akan diberikan di Old Trafford pada tanggal 3 Agustus 2016, dengan lawan yang akan diputuskan kemudian.

“Pertandingan malam itu jelas akan menjadi istimewa bagi saya dan keluarga saya, tapi saya berharap bahwa kami juga dapat memberikan satu atau dua kejutan,” kata Rooney. Wakil ketua eksekutif Manchester United, Ed Woodward mengatakan: “Dari debut sensasionalnya hingga hat-trick terbarunya dari total 236 gol yang pernah dicetaknya, Wayne telah menjadi tokoh sentral dalam salah satu periode paling sukses dalam sejarah klub.”

Penerimaan dari testimonial akan diberikan kepada beberapa badan amal untuk anak-anak melalui Wayne Rooney Foundation yang baru dibentuk. Berita ini muncul ketika kritik terhadap Rooney, yang merayakan ulang tahunnya yang ke 30 pada 24 Oktober, semakin meningkat akibat penampilannya akhir-akhir ini. Setelah bermain imbang tanpa gol dengan Manchester City pada hari Minggu, manajer Manchester United, Louis van Gaal mengatakan dia “muak” menjawab pertanyaan tentang sang pemain, yang ia tunjuk menjadi kapten pada awal musim 2014 – 2015.

Rooney telah mencetak dua gol di Liga Premier dalam sembilan penampilannya musim ini, meskipun ia mencetak hat-trick di kualifikasi Liga Champions dengan FC Bruges pada bulan Agustus. Gol-gol tersebut merupakan bagian dari total keseluruhan golnya yang berjumlah 236 sejak kedatangannya dari Everton dengan harga 27 juta Pounds pada tahun 2004. Hanya Sir Bobby Charlton (249) dan Denis Law (237) telah mencetak lebih banyak gol untuk klub tersebut.

Sementara Rooney hanya butuh tujuh penampilan lagi untuk menjadi pemain ke 10 yang mencapai rekor tampil dalam 500 pertandingan untuk Manchester United, dengan medali yang mencakup lima gelar Liga Premier dan satu gelara Liga Champions, dia belum mendapat dukungan yang sama dari para penggemar Manchester United seperti layaknya Ryan Giggs, David Beckham atau bahkan Cristiano Ronaldo – yang tinggal di Old Trafford lebih singkat. Rooney mengeluarkan pernyataan pada tahun 2010 yang menyatakan niatnya untuk meninggalkan klub dan hampir berangkat pada tahun 2013 setelah bertengkar dengan manajer saat itu, Sir Alex Ferguson.