Menu

Mata Beri Dukungan Buat Rooney

Kapten Manchester United dan tim nasional Inggris, Wayne Rooney telah didukung untuk tetap menjadi pemain kunci bagi klub dan negara oleh rekan setimnya, Juan Mata.

Meskipun menjadi pencetak gol terbanyak bagi tim nasional Inggris di musim ini dan menjadi pencetak gol terbanyak kedua di daftar pencetak gol Manchester United, sejumlah penampilan Rooney bagi klubnya di musim ini telah menuai kritik dan sebagian pihak menginginkannya untuk dikeluarkan dari skuad Roy Hodgson. Saat Inggris mempersiapkan diri untuk menghadapi Spanyol dalam pertandingan persahabatan pada hari Jumat, di mana Rooney akan absen, Mata menyerukan agar pemain berusia 30 tahun itu lebih dihormati atas prestasinya.

“Ketika kita berbicara tentang Wayne, kita berbicara tentang kapten Inggris dan kapten tim saya Manchester United,” kata pemain asal Spanyol tersebut. “Dia pemain yang sangat penting. Dia mencetak gol lebih banyak dari siapa pun di tim nasional Inggris dan di Manchester United. “Saya tahu dia bisa bermain di posisi yang berbeda. Pada akhirnya itu keputusan Roy Hodgson atau Louis van Gaal, tapi yang jelas jika dia berada di dekat area penalti, dia akan mencetak gol lagi. “Saya merasa sangat bangga bermain bersama dia di tim saya dan akan sangat sulit untuk menghadapinya.”

Penampilan Rooney di musim ini telah menimbulkan pembicaraan bahwa tempatnya bisa berada di bawah ancaman menjelang Euro 2016, kapten Inggris itu mengakui pada pekan ini bahwa ia menghadapi “tantangan besar” untuk mempertahankan posisinya. Dengan Hodgson dipastikan akan menampilkan susunan tim eksperimental ke lapangan di Alicante pada hari Jumat, Mata merasa Inggris memiliki kualitas untuk meraih sukses di Perancis tahun depan.

“Tim Inggris Ini memiliki skuad yang hebat dan yang paling penting mereka memiliki kepercayaan diri,” tambahnya. “Saya berbicara dengan Wayne dari hari ke hari di Manchester dan saya melihat dia sangat senang dengan para pemuda, ambisi mereka dan saya pikir mereka memiliki kapasitas untuk memenangkan piala. “Ini adalah ujian besar bagi kami karena saya menganggap mereka saingan berat untuk memenangkan Euro.”