Menu

Hungaria 2-1 Norwegia

Priskin 14 ‘
Nyland 83 ‘(og)

Henriksen 87 ‘

Hungaria lolos untuk pertama kalinya ke final kompetisi utama sejak 1986 dengan gol brilian dari Tamas Priskin dan mengamankan kemenangan di babak play-off Euro 2016 atas Norwegia.

Mantan striker Slovan Bratislava, Watford dan Ipswich itu berlari menyambut umpan panjang Tamas Kadar dan memotong di dalam sebelum melepaskan tembakan melengkung ke sudut jauh. Memimpin 1-0 dari leg pertama, Hungaria mencetak gol lagi ketika Markus Henriksen membelokkan bola ke gawangnya sendiri. Henriksen memasukkan bola ke ujung kanan dan mencetak gol untuk Norwegia, tetapi tetap tidak dapat menyamakan kedudukan.

Lolosnya Hungaria ke final turnamen utama untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1986 – terjadi pada akhir kampanye yang penuh dengan pergolakan, di mana mereka menggunakan tiga pelatih dan mereka meraih peringkat ketiga di Grup F di belakang Irlandia Utara. Setelah Attila Pinter dipecat September lalu, dan pengganti sementaranya Pal Dardai kemudian mengundurkan diri untuk memusatkan waktunya secara penuh pada perannya sebagai pelatih Hertha Berlin, pelatih asal Jerman, Bernd Storck diangkat pada bulan Juli, dan diberi tugas untuk membawa tim tersebut lolos ke final.

Norwegia menguasai kepemilikan bola di Budapest, seperti yang mereka lakukan dalam kekalahan di leg pertama hari Kamis lalu di Oslo, tapi sekali lagi tidak dapat meraih kemenangan. Kiper Hungaria, Gabor Kiraly menghentikan bola dengan baik di setiap babak untuk mengagalkan upaya Haitam Aleesami dan pemain pengganti Marcus Pedersen mencetak gol. Di antara kedua peluang tersebut, bek Bahkan Hovland membentur tiang dari tendangan sudut Martin Odegaard beberapa saat sebelum istirahat paruh waktu, dengan Balasz Dzsudszak kemudian mengenai mistar gawang di ujung lainnya.

Dimasukkannya gelandang berusia 16 tahun dari Real Madrid, Odegaard, pemain termuda dalam sejarah Norwegia, adalah salah satu dari tiga perubahan yang dilakukan oleh pelatih Per-Mathias Hogmo dalam upaya untuk mengejar ketertinggalan. Tapi pemain muda itu ditarik keluar di babak pertama, dan harapan timnya menghilang ketika Henriksen membelokkan tendangan sudut Dzsudzsak ke dalam gawangnya sendiri dengan tujuh menit tersisa.

Henriksen kemudian mencetak gol di ujung lain lapangan setelah Kiraly menghalau tendangan Jo Inge Berget, tetapi meskipun sempat mengejar ketertinggalan di akhir pertandingan, Norwegia gagal dalam upaya mereka untuk mencapai final besar pertama sejak Euro 2000.