Menu

Luis Suarez Sabet Sepatu Emas Eropa

luis suarezMegabintang milik Los Cules Luis Suarez merengkuh penghargaan Sepatu Emas Eropa sebagai tanja jadi pemain tertajam di kompetisi liga-liga seantero benua Eropa musim ini.

Di pentas La Liga Spanyol musim ini dia mendulang 40 gol. Jumlah itu membuatnya berhak atas status topskorer La Liga, unggul lima gol ketimbang Cristiano Ronaldo (Real Madrid) yang meraih empat gelar Sepatu Emas Eropa.

Total gol itu pada akhirnya membuat Suarez berhak atas Sepatu Emas Eropa. Sepanjang kiprahnya sejauh ini, striker asal Uruguay tersebut juga pernah berbagai golden foot dengan Ronaldo pada 2013-14 setelah keduanya mengemas membuat 31 gol.

Pada daftar yang dilansir Sky Sports, tempat kedua topskorer Eropa musim ini dihuni oleh bomber andalan Napoli Gonzalo Higuain dengan 36 gol. Ronaldo berada di peringkat ketiga dengan 35 gol.

Award Sepatu Emas Eropa ini tidak hanya ditentukan oleh jumlah gol seorang pemain, melainkan juga peringkat koefisien UEFA kompetisi tempat si pemain berkarier.

Jumlah gol sang pemain dikalkulasikan dengan faktor pengganda tertentu yakni liga-liga top mendapat faktor pengganda 2, liga-liga menengah 1,5, dan liga di bawahnya dapat faktor pengganda 1 saja.

Sebagai contoh, 38 gol dari kaki Zlatan Ibrahimovic untuk Paris Saint-Germain musim ini hanya mengantarkannya ke peringkat enam lantaran Ligue 1 tak masuk dalam salah satu dari lima liga elite di Eropa musim 2015-16.

1. Luis Suarez – Barcelona
2. Gonzalo Higuain – Napoli
3. Cristiano Ronaldo – Real Madrid
4. Jonas – Benfica
5. Robert Lewandowski – Bayern Munich
6. Zlatan Ibrahimovic – Paris St Germain
7. Islam Slimani – Sporting Lisbon
8. Lionel Messi – Barcelona
9. Harry Kane – Tottenham Hotspur
10. Pierre-Emerick Aubameyang – Borussia Dortmund