Menu

Kane dan Rooney Jadi Tumpuan Inggris di Piala Eropa 2016

harry kane dan wayne rooneyInggris disebut memiliki potensi berbahaya di turnamen Piala Eropa 2016 nanti. Dua sosok mungkin memegang peran kunci yaitu Harry Kane dan Wayne Rooney.

Inggris menyeberang ke Prancis, tuan rumah Piala Eropa 2016, dengan membawa komposisi skuat yang diyakini berisikan nama-nama muda. Sebut saja Kane, Dele Alli, Eric Dier, Raheem Sterling, Ross Barkley, Jack Wilshere, dan John Stones.

Hingga kini pasukan armada Roy Hodgson tampil cukup oke. Sepanjang perjalanan menuju EURO, mereka sempat menundukkan tim-tim favorit macam Prancis dan Jerman. Disamping itu, sebagian besar pemain itu ikut membawa Tim Tiga Singa tak tersentuh di babak kualifikasi, memenangi 10 dari 10 pertandingan.

Mantan striker timnas Prancis yang melewatkan sebagian besar kariernya di Premier League, Thierry Henry, menilai bakal ada dua pemain kunci. Kane disebutnya akan menjadi talenta muda yang menonjol lantaran telah membuktikan diri bisa diandalkan ketajamannya.

Bersama Tottenham Hotspur musim ini, ia menjadi top skorer Premier League dengan 25 gol. Pada musim sebelumnya, ia pun bersinar dengan torehan 21 gol.

Ada satu pemain kunci lain yakni adalah sang kapten Rooney. Kendati masih belum pasti mendapat tempat di tim utama, pengalaman Wazza sangat dibutuhkan tim untuk mengkomandoi pemain muda.

“Saya harus memilih Harry Kane. Anda akhirnya memiliki satu pemain yang mampu menyelamatkan anda di beberapa pertandingan. Jika anda tengah bertahan, dia mampu membuat gol kapanpun,” kata Henry dikutip Sky Sports.

“Saya pun juga bakal menyebut Wayne Rooney. Apakah dia akan menjalani laga? Itu akan menjadi pekerjaan tersendiri untuk Roy Hodgson sepanjang turnamen karena saya yakin pers dan para penggemar akan membicarakan hal itu selama turnamen.”

“Rooney bisa menjadi kunci walau dia tidak tampil. Untuk ada di dalam dan di sekitar para pemain muda bakal jadi kuncinya. Kita melihat Tottenham baru-baru ini contohnya, jika pemain muda kadang lemah secara mental,” tandasnya.