Menu

Klopp Tuntut Persaingan Sehat dari Para Pemainnya

Sejak pertama Jurgen Klopp memang berniat membangun skuat yang tangguh dengan kedalaman bagus. Dia berharap para pemainnya bersaing sehat untuk posisi di tim utama.

Liverpool amat agresif di jendela trasnfer musim panas. Enam muka baru datang yakni Joel Matip, Loris Karius, Sadio Mane, Ragnar Klavan, Alex Manninger, dan Georginio Wijnaldum.

Kehadiran enam pemain ini tak cuma memberi banyak opsi untuk Liverpool, melainkan juga menghadirkan banyak persaingan sengit untuk tiap posisi. Di sektor penjaga gawang misalnya, kendati Karius tengah cedera, tapi kiper 23 tahun tersebut diprediksi takakn membuat Simon Mignolet berleha-leha.

Di sektor depan, terdapat nama-nama seperti Roberto Firmino, Daniel Sturridge, Divock Origi, Sadio Mane, dan Danny Ings yang memperebutkan tiga tempat andai Klopp memainkan tiga penyerang. Ini juga belum terhitung Adam Lallana, atau Philippe Coutinho yang juga bisa menjalani peran itu.

Dengan absennya The Reds dari pentas Eropa musim depan, Klopp ingin memaksimalkan sebaik-baiknya waktu istirahat untuk pemainnya. Ia mengaku takkan banyak berpikir soal rotasi dan hanya memainkan dia yang siap tempur.

“Saat kami kalah di final Liga Europa (musim lalu), tak ada yang berguna darinya ketika itu, hanya tumpukan rasa kecewa. Pada akhirnya satu-satunya hal positif tidak ikut di turnamen Eropa musim ini kami memiliki waktu lebih banyak untuk latihan dan itu yang harus kami gunakan, 100 persen,” kata Klopp di situs resmi klub.

“Inilah mengapa kami wajib membuat sebuah tim yang sangat kuat dengan pemahaman terbaik atas kata ‘tim’. Kami memerlukan adanya persaingan internal. Kami perlu situasi yang mana para pemain mendorong diri mereka dan saling dorong satu sama lain untuk setiap tempat.”

“Maka ini bukan soal anda harus merubah tim antara dua laga hari Sabtu atau antara dua laga hari Minggu, ini tidak melulu tentang rotasi. Ini soal ‘Oke, siapa yang siap main sekarang? Siapa yang siap untuk menunjukkan apa yang kami butuhkan’,” imbuh manajer asal Jerman ini.

Si Merah akan melawat ke Emirates Stadium markas Arsenal dalam partai perdana Premier League musim ini pada Minggu (14/8/2016) malam WIB.