Menu

Makelele Ditunjuk Sebagai Asisten Pelatih Swansea City

claude makeleleClaude Makelele berkarier lagi di Premier League. Eks pemain timnas Prancis itu bergabung dengan Swansea City dan mendapat jabatan asisten pelatih.

Pria berusia 43 tahun tersebut sudah tandan tangan kontrak di Swansea sampai akhir musim ini. Dia bakal jadi asisten untuk manajer pelatih kepala Paul Clement, yang beberpa awaktu lalu ditunjuk sebagai pengganti Bob Bradley.

Sebelumnya Makelele pernah bekerja sama dengan Clement ketika masih menjadi pemain di Chelsea pada 2007-2008. Keduanya juga sempat menjadi bagian staf kepelatihan Paris Saint-Germain di bawah Carlo Ancelotti.

Makelele mulai berada di bangku cadangan Swansea pada pertandingan kontra Arsenal di Liberty Stadium, Sabtu (14/1/2017) mendatang.

“Saya amat gembira ada di klub ini dan saya antusias bekerja di Swansea,” ujar Makelele di situs resmi Swansea.

“Paul merupakan mentor saya. Dia memberi banyak pelajaran selama kami bekerja bersama.Saat saya mendengar kabar dia kembali bekerja di Premier League, saya menghubungi dia dan bertanya apakah saya bisa membantunya di Swansea,” tambah Makelele.

Ketika masih menjadi pemain, Makelele ialah salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Dirinya pernah membela banyak klub mulai dari Nantes, Marseille, Celta Vigo, Real Madrid, Chelsea, dan PSG.

Usai memutuskan pensiun pada 2011, Makelele menjadi salah satu staf pelatih di PSG sampai tahun 2013. Dia sempat mejadi manajer kepala di SC Bastia, namun didepak lantaran gagal. Sesudah itu dirinya sempat dipercaya menempati kursi direktur teknik di AS Monaco.

Saat ini The Swans terjerembab di peringkat ke-19 klasemen sementara Premier League akibat baru mengkoleksi 15 angka dari 20 pertandingan.