Menu

Resmi Gantung Sepatu, Xabi Alonso Merasa Emosional

Xabi Alonso resmi mengundurkan diri dari lapangan. Ada perasaan yang begitu tak terucapkan dari seorang pesepakbola dunia ini.

Xabi Alonso menyelesaikan tugasnya sebagai pemain di laga pamungkas Bundesliga, pada Sabtu (20/5/2017) kemarin, ketika Bayern Munich sukses dengan skor 4-1 atas Freiburg. Alonso yang menjadi starter harus menyudahi laga di menit ke-82 dengan standing ovation dari penonton di Allianz Arena.

” Saya begitu senang dengan masa pensiun saya ini. Begitu sulit diucapkan dan semua perasaan yang saya alami menjadi satu saat ini. Ada rasa senang, sedih hingga mengingat semua kenangan di klub ini. Saya tetap bahagia, ” ujar Alonso.

Laga menghadapi Freiburg merupakan laga pamungkas salah satu pesepakbola dunia ini yang memulai debutnya sejak tahun 1999 silam. Dengan Real Sociedad, Alonso memulai karir selama lima musim hingga kemudian bergabung dengan Liverpool di musim 2004 lalu.

Namanya mulai populer bersama Liverpool yang bermain dengan hasil piala Liga Champions dan Piala FA. Di tahun 2009 lalu, Alonso akhirnya bergabung dengan Real Madrid dengan prestasi di La Liga, Liga Champions, dan Copa del Rey.

Bayern Munich memang menjadi klub penutup karirnya yang sejak musim 2014 lalu memperkuat dan dengan tiga gelar Bundesliga. Pada timnas, Alonso juga membawa timnas Spanyol mendapat Piala Dunia dan dua Piala Eropa dengan catatan 114 caps dan 16 gol.

” Saya akan rindu dengan apa yang kami lakukan selama ini. Pastinya ini tidak akan terlupakan seumur hidup. Akan tetapi, hidup harus tetap berlanjut. Akan banyak hal yang baru yang akan saya coba nantinya. Begitu indah dan kenangan ini akan tetap menjadi hal dalam hidupku. Ini membuat saya mengingat ayah dan anak-anak saya, ” ungkap 36 tahun tersebut.