Menu

Fabio Capello Terpilih Sebagai Pelatih Jiangsu Suning

Fabio Capello akhirnya menjadi bagian dari klub Liga China, setelahd dirinya resmi menjadi pelatih Jiangsu Suning. Pelatih dari Italia tersebut mendapat kontrak dalam durasi 18 bulan dengan pendapatan yang disebutkan sekitar 120 ribu poundterling atau Rp 2 miliar per minggunya.

” Kami melakukan tanda tangan kontrak bersama Mr. Fabio Capello. Dia akan menjadi pelatih Jiansu Suning. Kami mengucapkan selama datang Fabio! ” papar Suning yang dituliskan dalam pernyataannya di situs klub Liga China ini.

Jiangsu merupakan klub perdana yang akan dilatih oleh Capello sejak musim 2006/2007 atau saat menyudahi karirnya sebagai pelatih Real Madrid. Setelah itu, sang manajer berumur 70 tahun itu lebih banyak menjadi pelatih tim nasional.

Selama tahun 2008 sampai tahun 2012 yang lalu, Capello menjadi kepala pelatih Timnas Inggris dengan prestasi yang begitu baik bersama The Three Lions hingga mereka berhasil masuk ke babak 16 besar Piala Dunia 2010 yang diselenggarakan di Afrika Selatan.

Setelah mundur dari posisinya sebagai pelatih timnas Inggris, Capello kemudian menjadi manajer Timnas Rusia. Akan tetapi, pelatih yang sempat bergabung dengan AC Milan, Real Madrid, AS Roma, hingga Juventus tersebut diberhentikan karena di musim 2015 lalu, tidak berhasil memberikan prestasi yang baik untuk tim saat berlaga di babak kualifikasi Piala Eropa 2016.

Dengan Liga Super China, Capello akan bersaing dengan para pelatih ternama yang lainnya yakni Luiz Felipe Scolari, Andre Villas-Boas, hingga Manuel Pellegrini. Capello juga merupakan pelatih dari Italia yang ketiga yang menjalani karir di China, setelah Marcelo Lippi yang saat ini menjadi pelatih Timnas China.

Sampai saat ini, kinerja Fabio Capello memang lebih mengesankan ketika bersama klub. Ia pernah membawa AC Milan, AS Roma dan Juventus sebagai tim yang berjaya di Serie A, dan Real Madrid di La Liga. Di sisi lain, untuk kompetisi Liga Champions, Capello membawa Milan menjuarai di awal-awal karier kepelatihannya.