Menu

Menteri Olahraga Rusia Jamin Keamanan Pada Perhelatan Piala Dunia 2018 Nanti

Vladimir Leonov optimis jika kompetisi Piala Dunia 2018 akan berjalan dengan lancar tanpa adanya masalah aksi tawuran suporter dan teroris, khususnya di kawasan Tatarstan.

Hal mengkhawatirkan ini terjadi setelah kompetisi Euro 2016 dilaksanakan di Prancis musim yang lalu. Saat itu, para fans timnas Rusia melakukan tawuran pada penggemar timnas Inggris di kota Marseille dan beberapa kota lainnya

Namun, pada Piala Konfederasi 2017 ini yang kini sedang melaksanakan latihan jelang Piala Dunia 2018, semuanya dapat berlangsung dengan baik tampa hambatan. Dengan itu, Menteri Olahraga, Vladimir Leonov yang juga memimpin kawasan Tatarstan merasa percaya diri bahwa kompetisi tertinggi di dunia tersebut berlangsung dengan baik dan tanpa hambatan.

Hal ini berkaitan dengan kondisi wilayah Tatarstan masuk dalam kawasan yang selalu bergejolak di Rusia karena banyaknya pelanggaran dan aksi terorisme yang berhubungan dengan ISIS. Untuk itu, Leonov sendiri akan memberlakukan kebijakan efektif serta adanya tanda pengenal suporter FIFA yang dapat meredam terjadinya masalah keamanan.

“ Secara catatan, kami adalah kota yang aman untuk turis dan penonton. Kami berharap semua dapat menonton langsung Piala Konfederasi 2017 dan Piala Dunia 2018. Sementara, untuk masalah boikot pastinya itu masih sulit diatasi. Kami kini fokus pada organisasi dan sudah melakukan banyak hal sebagai tuan rumah, ” papar Leonov.

Selanjutnya, tak ada larangan untuk fans dari negara lainnya jelang kompetisi ini. Bahkan akan dilaksanakan sistem baru dan kartu tanda pengenal sebagai persiapan dan demi keamanan turnamen ini.

Masalah tawuran antara fans timnas Rusia dan timnas Inggris di Euro tahun lalu memang sudah diketahui sejak awal tahun 2016 lalu, namun tak ada hal yang preventif dilakukan sehingga masalah ini terjadi di Marseille.

Piala Dunia yang akan dilaksanakan di Rusia menjadikan banyak penonton dari Inggris takut untuk menyaksikan negaranya berlaga di negara Tirai Besi ini, tapi Vladimir Leonov merasa jika hal ini harus dipandang dengan positif.

“ Kami akan menanti kehadiran penggemar timnas Inggris nantinya dan akan melakukan yang terbaik demi keamanan bersama. Saya tidak dapat memprediksikan yang akan terjadi nantinya, namun segalanya dapat terjadi di luar dugaan. ” tutup Menteri Olahraga ini.