Menu

Robben Pensiun Usai Gagal di Piala Dunia 2018

Arjen Robben telah menyatakan bahwa dirinya telah keluar dari tim nasional Belanda usai tidak berhasil mengantarkan negaranya tersebut menuju Piala Dunia 2018. Sekarang ini Robben mau berkonsentrasi di klub saja.

Belanda tidak berhasil menuju Piala Dunia 2018 usai hanya bisa menangkan laga dengan skor 2-0 saat berhadapan dengan Swedia pada hari Rabu (11/10/2017) dinihari WIB di Amsterdam ArenA, Amsterdam. Semua angka kemenangan tersebut dicatatkan oleh Robben.

3 poin tambahan sesungguhnya telah bisa bikin Belanda samakan catatan 19 poin yang dikantongi oleh Swedia. Tetapi Belanda masih belum bisa mencuri tiket play-off dari lawan terakhirnya tersebut usai tunduk lewat selisih cetak angka.

Der Oranje perlukan hasil oke paling tidak dengan skor 7-0 untuk dapat menyapu Swedia. Swedia juga melangkah ke play-off sementara Prancis menjadi juara grup.

Dengan gagalnya Belanda lolos ke turnamen yang berlangsung di Rusia tahun berikutnya, pemain yang berumur 33 tahun tersebut telah umumkan dirinya keluar dari tim nasional. Ia akui bakal berkonsentrasi ke klubnya, Bayern Munich, dan beri jalan untuk generasi lainnya di tim nasional.

“Saya ingin berkonsentrasi pada klub saya saat ini. Ini merupakan waktu yang pas untuk berikan amanat pada generasi selanjutnya,” imbuh Robben setelah pertandingan.

Robben telah bermain untuk tim nasional senior Belanda sedari tahun 2003. Ia tercatat telah bermain untuk negaranya sampai dengan 96 kali dengan catatkan 37 angka dan 29 kali assists.

Hal yang paling oke yang sudah ia raih bersama tim nasional ialan jadi runner-up di Piala Dunia 2010, yang pada masa tersebut tunduk oleh Spanyol pada pertandingan pamungkas.